Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1 Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013
  2. Melibatkan TIM Penyusun KTSP dan Kurikulum 2013
  3. Pengaturan beban belajar
  4. Penyusunan Kalender Pendidikan
  5. Penentapan KKM
  6. Pengembangan Silabus dan RPP
  7. Mapel Muatan Lokal
  8. Kegiatan Pengembangan diri dan Ekstrakurikuler

2 Standar Proses
  1. Semua mata pelajaran menyusun dan memiliki RPP dan Silabus
  2. Beban mengajar Guru 24 jam per minggu
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan scenario yang telah dibuat
  4. Supervise kelas 2 setahun
  5. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran
  6. Tindak lanjut
  1. Media pembelajaran yang menyenangkan
  2. Supervisi
3 Standar Kompetensi Lulusan
  1. Kelulusan siswa 100%
  2. Ketersediaan bahan ajar dengan rasio 1 : 1
  3. Penggunaan Laboratorium secara maksimal
  4. Penegakan tata tertib sekolah baik pendidik  dan peserta didik
  5. Ibadah sholat berjamaah
  6. Peringatan hari besar agama dan hari besar nasional
  7. Pembiasaan hidup sehat dan bersih


  1. Nilai lulusan sama atau diatas KKM


4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik latar belakang S1
  2. Kualifikasi Pendidik linier dengan mata pelajaran yang diampuh
  3. Pendidik memiliki kompetensi paedagogik, keprinadian, social
  4. Kepala sekolah pendidikan terakhir S2
  5. Pendidik dan tenaga pendidikan memiliki SK pengangkatan DPK, GTY,GTT,PTY,PTT
  6. Memiliki penjaga sekolah
  7. Memiliki tenaga perpustakaan sesuai dengan ijasahnya
  8. Kelulusan siswa tiap tahun 100%
  9. Rata-rata kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan 99 %


  1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
  2. Guru yang sudah S1 didorong untuk melanjutkan ke S2 atau S3
  3. Tenaga Laboran
  4. TOT K13


5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di lokasi yang aman
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai rasio jumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolah memiliki sanitasi di dalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalasi listrik 13.000 watt
  8. Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, uks, jamban/wc, gudang Lab
  10. Ruang kelas sesuai jumlah kelas
  11. Rasio buku teks 1 buku satu siswa yang dimiliki yaitu : Matematika, IPS, PPkn, Bahasa Indonesia, Bhs Inggris, Seni Budaya, Prakarya, TIK, Agama (milik sekolah)
  12. Sekolah baru memiliki 4 mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE) Ruang kepala sekolah dan guru sesuai ketentuan
  13. Memili lab IPA dalam almari
  14. Memiliki sarana olahraga, alat music untuk siswa, pengeras suara dan tape recorder
    1. Semua ruang ber-AC
    2. Mempunyai ruang perpustakaan yang Standar
    3. Memiliki Masjid yang menampuh jamaah warga sekolah
    4. Papan tulis yang berlipat
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana jangka menengah, rencana kerja tahunan
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga pendidikan sesuai dengan bidang tugas
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi tenaga kerja pendidik secara periodic
  1. Mendorong guru untuk peningkatan IT
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali murid dengan pengadaan sarana dan prasarana
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan, dan pengabaan ATK
  4. Sekolah memungut biaya pendidikan sekitar 80% dari jumlah siswa
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, trasparan, efisien, dan akuntabel
  1. Peningkatan kesejahteraan
  2. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi: tes tertulis, lisan, sikap, tugas dan portofolio
  3. Sekolah mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas, dengan membentuk panitia
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU UAS dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
  1. Aplikasi penilaian


Updated : 01/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar